Senin, 25 Agustus 2014

Nasib Para Ilmuan di Mata Anak-Anak

Senin, 29 Oktober 2012, 11:33
Albert Einstein dikira bintang X Factor
Albert Einstein dikira bintang X Factor (guim.co.uk)
Dia dinobatkan sebagai fisikawan terbesar di abad ke-20. Seorang jenius yang dari pikirannya tercipta banyak ide brilian di bidang fisika dan matematika. Namun ternyata tak semua murid Inggris tahu siapa Albert Einstein. 
 
Sebuah studi yang dilakukan firma Haier menyebut, sepertiga murid sekolah dasar yakin, Albert Einstein adalah bintang reality show. 
 
Bahkan, 29 persen anak yang menjadi responden mengira, mereka melihat ilmuwan, yang meninggal dunia tahun 1955 itu, dalam sebuah pertunjukan seperti  The X Factor atau Britain's Got Talent.
 
Bukan itu saja, sejumlah poin survei juga menguak fakta bahwa ada banyak murid yang tidak bisa mengidentifikasi para ilmuwan besar juga jasanya pada ilmu pengetahuan. Lebih dari sepertiga murid, berusia 11 hingga 14 tahun tak tahu bahwa Isaac Newton menemukan teori gravitasi, meski soal itu ada dalam kurikulum. 
 
Sementara 6 persen mengira, juri X Factor, Tulisa Contostavlos adalah pencipta penisilin, jutaan murid mengira penyanyi rap, Professor Green  adalah seorang ilmuwan. 
 
Lebih jauh lagi, 35 persen anak berusia lima tahun mengira Walikota London, Boris Johnson menemukan teori gravitasi, sementara satu di antara lima anak sekolah dasar yakin, pesepakbola Inggris dari tim Manchester United, Wayne Rooney adalah ilmuwan.
 
Nasib ilmuwan kontroversial Stephen Hawking tak lebih mujur. Sebanyak 22 persen murid berusia 8 tahun mengira ia seorang penata rambut. 
 
Sebaliknya, 68 persen murid bisa mengidentifikasi pembuat Facebook, Mark Zuckerberg. Namun, 22 persen lainnya menebak penemu bola lampu, Thomas Edison sebagai pencipta situs jejaring sosial itu.
 
Dan meski rata-rata anak menghabiskan waktu 17 jam 34 menit di depan televisi, 45 persen murid Inggris tak tahu televisi ditemukan John Logie Baird.
 
"Survei ini membuka mata kita, bahwa anak-anak zaman sekarang lebih mengenal Mark Zuckerberg dibandingkan para ilmuwan pria dan wanita yang membuat penemuan ikonik, yang merevolusi dunia modern," kata Jeff Moody dari Haier. 
 
Sebelumnya, sebuah survei juga dilakukan pada 2.000 anak sekolah di Inggris. Hasilnya, mengkhawatirkan. Anak-anak tak tahu fakta-fakta sejarah atau sains. Otak mereka dijejali informasi soal selebritis dan hal remeh-temeh.
 
Satu dari lima anak yang disurvey percaya bahwa tokoh kartun Toy Story, Buzz Lightyear, adalah manusia pertama yang menjejakkan kakinya ke Bulan, bukan astronot Neil Amstrong.
 
Namun, dua pertiga anak berusia 6-12 tahun itu dengan benar mengidentifikasikan malaria sebagai 'penyakitnya Cheryl Cole'. Mereka juga tahu bahwa David Beckham adalah pemain bola yang baru saja didrop oleh pelatih Fabio, Capello.
 
Penulis buku 'What on Earth Wallbook', Christopher Lloyd mengaku prihatin. "Terlihat jelas anak-anak bingung jika ditanya soal sejarah," kata dia seperti dimuat laman Telegraph, Jumat 8 Oktober 2010. "Neil Amstrong tentunya tidak akan senang jika tahu bahwa mainan plastik dinobatkan jadi manusia pertama yang melangkahkan kaki di bulan."
 
Riset ini juga menemukan pengetahuan sains dan angkasa luar yang dimiliki anak-anak memprihatinkan. Sebanyak 11 persen anak pikir Isaac Newton adalah penemu api dan Albert Einstein adalah saudara monster, Frankenstein.
 
Sumber asli : www.viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar