Selasa, 17 April 2012

"Single" itu Prinsip sedangkan Jomblo itu Nasib

Ditulis oleh : Muhammad Mabrudy

Percintaan tidak akan pernah berhenti dibicarakan, percintaan juga takan pernah habis dituliskan, mungkin samapai akhir zaman kelak rasa yang bernama cinta akan selalu menjadi bahan yang hangat untuk dibicarakan dan menarik untuk dituliskan, apalagi bagi para remaja dan pemuda yang merasakan cinta sesama manusia khususnya dengan para lawan jenis mereka. Kali ini saya tertark oleh tulisan teman saya dalam sebuah statusnya, sudah lama siih mungkin sekitar satu bulan yang lalu tapi sepertinya baru terinspirasi lagi tuk di tulis hari ini, beginilah kurang lebih isinya : 

single itu prinsip, jomblo itu nasib.
#ckckck aya2 wae deuh :D

Kata-kata nya sederhana, tapi menurut saya itulah yang harus menjadi bahan renungan bagi setiap orang terutama mungkin bagi orang-orang yang masih mencari jati dirinya. Jomblo dan single pada dasarnya memiliki kesamaan yang sama yaitu dua-duanya sama sama tidak memiliki pasangan hidup (dalam kasus ini lawan jenis) yaitu belum menikah atau dalam kasus sekarang pengertian nya menyempit menjadi orang-orang yang belum menikah dan tidak memiliki pacar. 

Namun pada hakikatnya kedua istilah tersebut memiliki makna yang sangat berbeda, yang pertama jomblo adalah istilah untuk orang yang tidak memiliki pacar atau belum menikah. Kedua hal tersebut adalah akibat dari ketidakmampuan orang tersebut untuk mencari pasanganya baik karena belum menemukan pasangan yang cocok taupun karena pasangannya belum menerima apa yang diatawarkan. Yah sehingga pada akhirnya orang sering berdalih, inilah nasib

Istilah kedua adalah Single, single juga merupakan istilah bagi orang yang belum memiliki pasangan, Namun single ini labih diakibatkan dari apa yang ada dalam diri seseorang bukan karena faktor luar (belum dapat yang cocok dan ataupun ditolak terus), single merupakan kemauan sesorang untuk tetap menjaga statusnya, single merupakan keinginan untuk melindungi perasaan dan perhatian khususnya hanya untuk istrinya kelak.



Dari luar kedua keadaan ini tidak dapat dibedakan, namun dari segi amalan keduanya tentu mendapatkan nilai yang berbeda di sisinya. Jombol walaupun selalu dipenuhi dengan usaha dan perjuangan untuk mendapatkan pasangan nya pada hakikatnya dia terlalu mengumbar perasaannya sehingga dia tidak menyisakan sesuatu bagi istrinya kecuali sedikit.

Sedangkan single merupakan salah satu prinsip hidup yang dipegang oleh sesorang untuk menjaga perasaannya dan perbuatan yang khususnya hanya untuk seorang yang merupakan tulang rusuknya yang hilang. Mungkin saat ini, saat dia memegang prinsip ini dia masih belum mengetahui siapa yang akan menjadi pasangan hidupnya bahakan ketika dia pun sudah tau siapa pasangannya selama dia belum menikah dia tidak akan berani untuk melakukan sesuatu yang lebihm kecuali hanya ketika dia sudah benar-benar terikat dalam sebuah ikatan yang sah. Banyak orang yang merasakan ini sebagai sesuatu yang sulit dilakukan, tetapi seperti inilah hal yang harsu dilakukan oleh sesorang untuk mempersembahkan yang terbaik bagi pasangan hidupnya, selain memberikan sesuatu yang sangat istimewa bagi pasangannya dia juga akan mendapatkan pahala di sisi Allah swt karena telah menjaga harga dirinya dan harga diri lawan jenisnya.

Jomblo ataupun single mungkin hampirlah sama tapi alangkah lebih baiknya kepada para jomblowan dan jomblowati untuk merubah statusnya menjadi single, karena single itu lebih berarti dan bermakna juga mendapatkan pahala di sisiNya. Sedangkan bagi orang-orang yang belum menikah dan masih berpacaran alangkah lebih baiknya untuk tidak berlama-lama dalam berpacaran, segeralah menikah kalaupun belum siap untuk segera menikah maka berhentilah berpacaran dan marilah merubah status kembali menjadi single untuk tetap menjaga niat amalan dan perasaan kita. Walaupun kita tidak pernah tau siapa yang akan menjadi pasangan kita dibawah janji penghulu menjaga kemurnian hati, jiwa dan perasaan dalam mu'amalah dengan lawan jenis adalah sesuatu yang harus tetap konsisten kita lakukan,.,.,

Wallhu a'lam
Semoga bermanfa'at

Tidak ada komentar:

Posting Komentar