Rabu, 02 Januari 2013

Waktu itu............

oleh : Muhammad mabrudy

Dalam hal apapun waktu adalah hal yang menarik dan esensial untuk dibahas dan dibicarakan. Banyak sekali filosofi tentang waktu yang diungkapkan oleh berbagai macam kebudayaan berikut dua ungkapan waktu yang populer :

Time is money
Al-waktu kassaifi, fa in lam taqto'hu qotho'aka


Ungkapan pertama mengajarkan kita pentingnya waktu, dalam budaya ini waktu setiap detiknya diibaratkan sebagai kesempatan untuk mendapatkan uang. Jiika kita melalui sedikit saja bagian waktu dengan sia-sia maka artinya kita telah menghilangkan uang yang akan dimiliki. Memang budaya ini tidak cocok dengan filosofi islam karena dalam islam uang bukanlah segalanya, kehilangan uang tidak berarti apa-apa bagi seorang muslim karena uang sama halnya dengan harta yang lain hanyalah sebuah titipan semata dari Allah swt yang bisa diambil kapan saja oleh pemiliknya. Tapi dari budaya ini kita bisa belajar bahwa orang yang menempatkan uang sebagai tujuan hidupnya mensejajarkan waktu dengan uangnya, itulah pentingnya waktu bagi mereka.


Uangkapan kedua juga mengjarkan kita pentingnya waktu, namun dalam budaya ini waktu diibaratkan sebagai pedang yang merupakan senjata perang yang ampuh di zamannya. dalam perang, jika seorang prajurit piawai menggunakan pedang maka dia mampu menebas musuh-musuhnya dan membawa kelompokny pada sebuah kemenangan tapi sebaliknya juka dia tidak mampu menggunakan pedang mungkin bisa saja pedang yang dia miliki itu bisa menjadi alat untuk menghabisi nyawanya sendiri. Begitu juga waktu, kebudayaan ini mengajarkan kita untuk bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin, kaena ketika kita bisa menggunakan waktu sebaik-baiknya maka kita bisa mengatur kehidupan kita dan bahkan kita pun bisa menggoreskan goresan kesuksesan dan kebahagian dalam rangkaian kehidupan kita namun sebaliknya jika kita tidak bisa memanfa'atkan waktu maka waktu itulah yang akan menjerumuskan kita ke dalam keterpurukan, kegagalan dan kesia-siaan, hal ini disebabkan karena sesorang tidak bisa menggunbakan waktu dan kesempatan yang dia miliki.


Berbicara tentang waktu pun tidak akan lepas dari momen pergantian waktu, di momen tahun batu ini maka kita harus banyak belajar, bukan belajar bagaimana merayakan tahun baru dengan irit tapi belajar bagaimana kita menghargai waktu dan bagaimana kita akan memanfa'atkan waktu di masa depan. Kita harus menjadi orang yang beruntung dalam pandangan waktu yaitu orang yang hari ini lebih baik daripada hari kemarin dan jangan pernah menjadi orang yang rugi yaitu orang yang hari ini sama dengan hari kemarin atau bahkan jangan pernah menjadi orang celaka yaitu orang yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin.

Berbicara tentang pun tidak akan pernah lepasa dari penyesalan dan kehawatiran. Menyesal karena belum bisa melakukan yang terbaik, menyesal karena telah melakukan hal yang buruk, menyesal karena telah menyia-nyaikan sesuatu dan menyesal karena hal-hal lain yang pernah dilakukan di masa lalu. Selain menyesal kadang orang juga merasa hawatir, hawatir dengan apa yang akan terjadi, hawatir dengan sesuatu yang akan kita dapatkan dan hawatir dengan hal-hal lain yang sebenarnya belum pernah terjadi. Maka dengan kejadian itu marilah kita sama-sama melakukan ini 

"Masa lalu adalah kenangan, jangan pernah membiarkan masa lalu menguasaiamu, simpanlah msa lalu mu dalam sebuah memori umtuk diambil hikmah dan pelajarannya. Sedangkan masa depan adalah misteri, jangan pernah juga membiarkan bayangan masa depan mengintimidasimu. simpanlah masa depanmu dalam sebuah rencana hidup dan bacalah sekali-kali untuk memotivasimu. Hal yang harus kita lakukan adalah melakukan yang terbaik di masa sekarang dengan belajar dari kesalahn dan keberhasilan kita di masa lalu untuk mengggapai rencana kita di masa depan"


Begitulah waktu, Allah swt pun menyampaikan salah ssatu sumpahnya dalam surat Al-Ashr ayat 1 "Wal'Ashr" yang artinya demi masa. tahukah kita bahawasanya jika Allah swt bersumpah dalam al-qur'an dengan makhluknya artinya dalam makhluk ciptaanNya tersebut terdapat banyak hal yang harus kita perhatikan dan pelajari begitu pula dengan waktu.

Terakhir marilah kita manfa'atkan setiap detik yang kita lalui jika perlu tulislah sebuah motivasi di dinding-dinding kamar anda dengan tulisan : "HAL BESAR APA YANG ANDA LAKUKAN UNTUK MEMANFAATKAN WAKTU YANG ANDA MILIKI?"

Wallahu a'lam
Semoga bermanfa'at

Tidak ada komentar:

Posting Komentar