Senin, 14 Maret 2011

Kepada Para Penerus Bangsa



Pernahkah kita mengeluh karena guru kita disekolah mengajar dengan asal-asalan, atau pernahkan kita mengeluh karena para pejabat yang KKN atau pernahkah kita embenci bila kita melihat orang yang bekerja tidak propesional dan tidak memahami ilmu dalam pekerjaannya tersebut.
Bukankah tipe orang-orang tersebut adalah orang yang paling dibenci oleh kalian terutama para pemuda baik pelajar ataupun mahasiswa. Padahal dulunya mereka juga adalah seorang pelajar atau mahasiswa yang idealis yang memiliki banyak ide-ide cemerlang yang mampu melakukan lobi-lobi yang brilian. Apakah kita juga akan menjadi orang-orang seperti mereka?
Kepada para pelajar, masa muda kalian adalah masa yang paling berharga, masa yang tidak akan pernah bisa dilewati lagi. Bila ktalian risih dengan kelakuan para pemuda dan para orang tua yang tidak lagi bermora, maka degeralah tentukan mimpi kalian carilah segala hal yang berhubungan dengan mimpi kalian. Seseorang tidak akan pernah rugi jika pada masa mudanya ia tidak pernah main game, ataupun ia tidak pernah berpacaran karena hal-hal tersebut hanyalah kenikmatan sementara yang tidak berpengaruh besar pada kesuksesan masa depan.
Kepada para mahasiswa idealis yang selalu meneriakan kebenaran, yang tidak pernah absen turun ke jalan. Ketidakadilan memang harus diberantas, peninadasan memang harus dihentiakan tapi apa gunanya relasi yang banyak dan kemampuan diplomasi yang kuat jika kita tidak mempunyai ilmu. Memang banyak orang hanya kuliah dan lulus dan mereka tidak dapat apa-apa tapi jangan sampai menjadai sarjana pendidikan yang tidak bisa mendidik, menjadi sarjana teknik yang tidak faham teknologi, menjadi sarjana bahasa tidak tahu aturan berbahasa.
Sebagai seorang calon guru dia harus bisa menjadi “sang guru” yang tidak menjadikan profesinya hanya sebagai lading mencari uang. Kepada para calon ilmuan dia harus menjadi “ilmuan” yang cerdas memperhatikan setiap ilmu yang dikajinya. Kepda para calon sarjana ekonomi jangan pernah menjadi orang yang mengeluarkan modal seminimal muangkin adan menghasilkan keuntungan semaksimal mungkin dengan benyak merugikan orang lain. Kepada semua calon sarjana ingat kalian semua adalah penerus bangsa dan kalian semua punya moral.
Ditulis oleh : Muhammad Mabrudy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar