Senin, 07 November 2011

Tegangan Permukaan : bukti kuatnya garda terdepan

nyamuk tidak tenggelam berjalan di atas air
Peristiwa di atas merupakan salah satu fenomena yang disebabkan oleh adanya tegangan permukaan pada zat cair. Tegangan permukaan terjadi karena adanya gaya-gaya antar molekul. Sebuah molekul yang berada di dalam air akan mendapatkan gaya dari molekul-molekul di sekelilingnya, tapi resultan gaya dari molekul di sekitarnya akan menjadi nol sehingga tidak menimbulkan efek apapun pada molkul di dalam air. Sedangkan molekul yang berada di permukaan air hanya mendapatkan gaya dari molekul di samping dan bawahnya saja sehingga resultan gayanya mengarah ke bawah, hal ini menyebabkan lapisan-lapisan atas seakan-akan tertutup oleh hamparan selaput elastis yang ketat.
gaya-gaya molekul pada air

Hamparan selaput yang terbentuk pada permukaan zat cair ini menyebabkan nyamuk dapat berjalan di atas permukaan air karena berat nyamuk dapat diatasi oleh permukaan tersebut. Hal in juga yang menyebabkan sebatang jarum yang tidak tenggelam ketika diletakan perlahan-lahan.
  Seperti itulah karekteristik molekul-molekul dalam air, begitu pun manusia dalam melakukan sebuah amal jama'i (kerja sama). Satu molekul air tidak akan pernah mampu menimbulkan fenomena di atas sama halnya dalam sebuah amal jama'i,s sehebat apapun orang tidak akan ada suatu perubahan yang tercipta dalam tatanan kehidupan. 
Namun hal yang istimewa yang dapat kita pelajari dari sebuah tegangan permukaan yaitu sama halnya dengan sebuah molekul, orang selalu berada di tengah-tengah jama'ah melakukan sesuatu dengan biasa saja, dia akan selalu merasakan dukungan dari orang-orang di sekitarnya. Lain halnya dengan orang yang selalu ingin menjadi terdepan yang menyambut panggilan berjuang dengan semangat yang tinggi yang melakukan pekerjaannya tanpa paksaan sama sekali, walaupun dukungan yang dia rasakan anyalah berasal dari belakang tetapi kondisi itulah yang menyebabakn dia dapat membuat tameng yang melindungi bagian yang lainnya atau bahkan menciptakan suatu peristiwa yang akan membuat banyak orang takjub akan perbuatannya. 
Memang semuanya selalu ada yang melengkapi ketika ada yang terdepan pasti ada yang terbelakang ketika ada yang melindungi pasti ada yang dilindungi, pada akhirnya semua terserah kita peran seperti apa yang akan kita plih pada drama kehidupan yang sangat komplek ini. 

Ditulis oleh : Muhammad Mabrudy (dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar