Kamis, 03 November 2011

Usaha dalam fisika vs Usaha dalam kehidupan Nyata

Ditulis oleh : Muhammad Mabrudy
Usaha (Kerja) dalam kamus fisika berarti suatu proses transfer energi yang besarnya usaha dalam fisika merupakan gaya yang bekerja pada suatu benda sehingga benda tersebut mengalami perpindahan secara matematis sering ditulis W = F.s. Artinya bila gaya yang sangat besar diberikan pada suatu benda namun benda itu tidak mengalami perpindahan maka usahanya tetap nol walaupun gaya itu membuat benda berkeliling menempuh jarak tertentu tetapi ketika perpindahannya nol usaha tetap bernilai nol

Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) usaha merupakan kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud; pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu. Inilah konsep yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, tidak peduli apakah maksudnya tercapai tetapi yang penting ketika kita telah melakukan kegiatan untuk mengerahkan tenaga, pikiran atau badan maka kita telah melaksanakan usaha. Sehingga sering banyak muncul statemen : Tidak apa-apa gagal juga yang penting kita sudah berusaha," 

Maka bila kita tinjau secara fisika kedua statemen diatas merupakan kesalahan yang sangat besar, karena samasekali tidak ada perpindahan yang dihasilkan. Lalu apa yang harus kita lakukan dengan pemahaman konsep yang berbeda ini? Dibiarkan pun sebenarnya tidak apa-apa paling setiap guru harus selalu memeperbaharui konsep fisika setiap siswanya ketika masuk ke kelas karena siswa akan mendapatkan pengetahuan awalnya dari pengetahuan sehari-hari.

Tapi sebenarnya ada sebuah benang merah yang bisa diambil dari kedua pemahaman tersebut memang ketika orang berbicara "saya sudah berusaha untuk lulus dalam ujian, tetapi saya masih belum dapat lulus" menurut fisika dia tidak pernah melakukan apapun karena dia sebenarnya tidak melakukan perpindahan dari lulus ke tidak lulus, tetapi bilsa kita katakan hal ini kepada orang yang gagal pasti dengan sangat marah di akan mengelak karena sebenarnya dia telah banyak menghabiskan waktunya untuk berusaha, belajara dan berlattih supaya lulus dalam ujian walaupun saat itu dia belum lulus, dia akan bersikukuh dia telah melakukan usaha maksimum walaupu secara fisika usahanya adalah nol. 

Maka sebagai ilmuan fisika atau guru fisika kita tidak perlu ribut dengan hal itu, yang harus kita lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan tetap mempertahankan kedua konsepnya adalah dengan menentukan sebuah acaun. Acuan tentang usaha yang berarti orang tersebut sama sekali tidak melakukan usaha untuk ujianny karena tidak ada perpindahan statusnya menjadi lulus tetap dia telah melakukan usaha dalam belajar karena mungkin saja pengetahuannya bertambah dengan peristiwa ini atau dia telah berusaha dalam menjalani kehidupan karena dengan ini dia mendapatkan berbagai macam pengalaman kehidupan.

Karena yang terpenting dalam sebuah perbuatan adalah "proses bukan hasil" tapi proses akan bernilai sia-sia bila kita tidak pernah tahu apa yang kita peroleh dari sebuah proses. Gunakanlah filosofi fisika bahwa usaha adalah sia-sia tanpa sebuah hasil dan usaha adalah sia-sia tanpa nilai yang bermakna dalam sebuah proses.(dari berbagai sumber)

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar